Wabup Erfian Ajak Kades dan BPD Maksimalkan Potensi Desa

WARTABANGKA, PANGKALANBARU –Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T menjadi salah satu narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan BPD melalui Penyusunan LPPD serta Peran BPD dalam Melakukan Evaluasi LKPPD di di Hotel Soll Marina, Selasa (28/9).

Herry Erfian menyampaikan materi Kebijakan Pengelolaan Kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dalam kegiatan yang dihadiri 110 orang kades dan ketua BPD se-Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam pemaparannya, Herry erfian menjelaskan bahwa APBDes adalah rencana keuangan tahunan Pemerintahan Desa dalam menyelenggarakan urusan kepemerintahan dan memenuhi aspirasi masyarakat desa yang sudah disesuaikan dengan skala prioritas melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa.

“Oleh karena itu, unsur perangkat desa, BPD dan masyarakatnya juga harus saling bekerjasama dan berkoordinasi dengan tujuan agar pembangunan untuk memajukan serta mensejahterakan masyarakat di desa dapat tercapai,” kata Erfian.

Ia menambahkan bahwa Pengelolaan APBDes harus memiliki beberapa prinsip pelaksanaan, diantaranya adalah tertib administrasi, efektif dan efisien, taat azas, taat hukum, lengkap dan sah, dapat dipertanggungjawabkan, manfaat, dan terbuka.

“Kami juga mengajak desa-desa harus mengetahui, mengembangkan dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di desa untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes),” ajak Herry erfian.

Sementara itu, Kades Desa Terak, Haryono, S.H, ketika ditemui mengatakan sangat termotivasi dengan apa yang disampaikan Wakil Bupati Bangka Tengah dalam pemaparan materi tersebut.

“Jadi, kedepannya desa-desa dapat memaksimalkan PADes-nya, dan tidak hanya bergantung pada pendapatan desa yang sekarang bersumber dari APBD maupun APBN, tetapi dari potensi-potensi yang ada di setiap desa,” ungkap Haryono sembari berharap dengan adanya BIMTEK ini pembangunan di desa dapat menjadi cepat dan lebih baik sehingga kedepannya Bangka Tengah menjadi Semakin Unggul.

Hadir juga dalam giat ini Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DINSOS-PMD), Risaldi Adhari N., S.Psi., MM, Ketua APDESI Bangka Tengah, Munzilin, Sekretaris Disos PMD Kabupaten Bangka Tengah, Padlillah, S.Pd.I, serta para Kades dan Kepala BPD se-Kabupaten Bangka Tengah. (Adv/Diskominfosta Bateng/RN)

loading...

Check Also

Kodim 0431/Bangka Barat Bagikan BTPKLW kepada 1500 Orang

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kodim 0431/Bangka Barat membagikan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *