Wali Kota Pangkalpinang Dialog Khusus dengan Wapres Ma’ruf Amin, Ini yang Dibahas

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) mengucapkan syukur dapat berdialog khusus virtual dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Dialog khusus virtual Wapres dengan kepala daerah ini menyusul 4 kepala daerah tersebut dinilai cukup berhasil menjalankan program keluarga nasional.

“Alhamdulillah kita masuk 4 kepala daerah itu,” ucap Molen.

Dialog ini pun sebagai puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun, dengan tema keluarga keren cegah stunting, Selasa (29/6).

Untuk di Bangka Belitung, Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) menjadi pusat dialog virtual.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan keluarga menjadi tempat nilai-nilai agama diajarkan dan keluarga juga menjadi tempat nilai-nilai kasih sayang diberikan secara langsung dari orangtua pada anaknya.

Dia juga menyebutkan, keluarga mempunyai peran penting dalam mempereratkan nilai-nilai sosial budaya di lingkungan, nilai-nilai saling menghormati dan toleransi bisa dicanangkan sejak dini.

“Keluarga menjadi sekolah pertama dalam menggiatkan generasi yang akan datang. Jika keluarga berhasil bisa menyiapkan generasi yang sehat, berpendidikan dan berkarakter baik, maka ada jaminan generasi bangsa ini akan lebih baik,” ujar Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Menurutnya, pembangunan bangsa dimulai dari membangun keluarga, peran BKKBN yang salah satu tugas utamanya pembangunan keluarga, menciptakan keluarga yang sehat atas dasar perencanaan yang baik, perkawinan sah, sejahtera mandiri, dan bertakwa.


“Stunting disebabkan karena kekurangan gizi yang tidak cukup, 2019 prevalensi stunting 27,76 persen, sejak 2018 telah berbagai upaya penurunan salah satunya intervensi gizi sasar ibu hamil dan anak 0-23 bulan, tidak akan efektif jika keluarga tidak ambil peran dalam cegah dan penanggulangan stunting. Gizi erat kaitannya dengan ruang lingkup keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Molen juga sangat bersyukur, kampung KB Mentari Ketapang mendapat penghargaan dari BBKBN Pusat.


“Alhamdulillah kita terpilih menjadi empat daerah yang bisa langsung berdialog dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, terkait kampung KB Mentari kita dan juga penanganan stunting vaksin ibu-ibu menyusi dan vaksin untuk umur 12 tahun kebawah dan Pangkalpinang menjadi salah satunya seIndonesia,” ungkap Molen.

Molen menyampaikan, terkait penanganan stunting, pihaknya menargetkan nol persen pada tahun 2021.


“Ini penghargaan yang diberikan dari kelas nasional yaitu BKKBN pusat. Kita patut berbangga yang artinya perhatian kita terhadap anak, keluarga berencana, dan penanganan stunting semuanya itu bisa dinilai baik secara nasional,” ujarnya.

Walikota muda ini juga mengapresiasi pekerja KB di setiap Puskesmas dan tenaga kesehatan. Menurutnya peran petugas KB inilah yang istikomah selalu mengajak dan terus bersemangat masyarakat agar dapat menjalankan program keluarga nasional.

“Disamping itu pula saya pikir masyarakat juga sudah sadar akan pentingnya peran keluarga dalam menjalani kehidupan,” pungkasnya.(*)

loading...

Check Also

Peringati HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara, Sat Lantas Polres Bangka Barat Gelar Syukuran

WARTABANGKA, MUNTOK – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Barat melaksanakan kegiatan syukuran memperingati Hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *