Wali Kota Pangkalpinang Lantik Pengurus FKUB

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) melantik Kholid Mahfudz sebagai ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Pangkalpinang periode 2021-2026, Selasa (4/1) di OR Gedung Tudung Saji.

Dalam kesempatan tersebut, Molen mengungkapkan keunikan Kota Pangkalpinang bukan sekadar keberagamannya, melainkan ikhtiar bersama mewujudkan persatuan.

Molen pun kemudian menyampaikan tantangan masa depan yang tidak akan terasa berat apabila dilakukan bersama-sama secara kolaboratif, yaitu kecepatan informasi yang ditopang media dan teknologi.   

Molen menjelaskan, sebuah peristiwa insidental yang mengganggu kerukunan umat beragama, bisa meluas menjadi peristiwa yang massal. Di masa lalu, peristiwa-peristiwa itu terisolasi menjadi peristiwa lokal. 

Namun dewasa ini, peristiwa yang amat lokal dengan mudah dapat bergaung menjadi peristiwa yang global. Semua ini karena cepatnya arus komunikasi dan media sosial, yang justru juga mempertajam gesekan interaksi antarumat beragama.  

“Karena itu, kita harus membangun bagaimana komunikasi interaksi menghasilkan kepercayaan. Kedepan kita akan melakukannya dengan lebih baik lagi,” terang Molen.

Meski demikian dikatakannya, FKUB sudah sangat berperan baik dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kota Pangkalpinang. Molen menaruh harapan besar agar Pangkalpinang tetap menjadi daerah yang aman dan kondusif serta jauh dari perpecahan.

Ketua FKUB Kota Pangkalpinang, Kholid Mahfudz, mengakui konteks toleransi di Pangkalpinang sangatlah tinggi. Hal ini dibuktikan tidak adanya laporan persoalan intoleransi yang sampai mengganggu kerukunan dan kehidupan umat beragama.

” Ini yang wajib kita syukuri. Kami dari FKUB akan melaksanakan tugas yang diamanatkan terutama meningkatkan kerukunan umat beragama di Pangkalpinang, alhamdulillah semuanya rukun rukun, semoga akan terus terjaga dengan baik,” tuturnya. (*)

loading...

Check Also

Tahun 2022, Babel Peroleh Dana Desa Rp274,4 Miliar

WARTABANGKA, PANGKALPINANG -Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tahun 2022 menerima dana desa sebesar Rp274.419.601.000,00. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *