World Clean Up Day 2020, PT Timah Dukung Pemuda Hijau Bangka Barat

WARTABANGKA, MUNTOK- Kegiatan World Clean Up Day 2020 yang dimotori Pemuda Hijau Bangka Barat mendapat dukungan dari PT Timah Tbk. Sebagai wujud kepedulian kebersihan lingkungan di sekitar wilayah operasi Unit Metalurgi (Unmet) Muntok, perusahaan BUMN ini ikut melibatkan diri mengucurkan dana CSR-nya. Selain dana, dalam giat bersi – bersih yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Muntok ini.

PT Timah juga menyediakan truk sampah, bahkan melibatkan para pegawai yang tergabung dalam Ikatan Karyawan Timah (IKT) untuk terjun langsung membantu membersihkan dan mengangkut sampah dari masyarakat.

Ketua Pemuda Hijau, Rini Stevany mengatakan, tujuan pembentukan Pemuda Hijau salah satunya adalah, mengajak pemuda di Bangka Barat peduli terhadap permasalahan lingkungan, khususnya sampah.

“Mengingat isu sampah saat ini sudah mendunia, dan di Bangka Barat sendiri peran pemuda masih kurang ikut peduli, makanya kami bergerak, dimulai anak kecil tingkat SD, karena lingkungan hidup memang harus dididik dari anak kecil. Kami mengajak pemuda khususnya dan masyarakat umumnya untuk peduli terhadap permasalahan sampah ini, agar tetap menjaga lingkungan, “jelas Rini di SMPN 1 Muntok, Sabtu (19/9).

Menurut Rini, kegiatan organisasi yang beranggotakan anak – anak muda ini tidak lepas dari dukungan PT. Timah dan Pemkab Bangka Barat.Sesuai dengan tema ” Pemilihan Sampah Dari Rumah “.

Menurutnya sampah memang harus dipilah dan dipilih untuk menjaga lingkungan. Sebab kalau digabung akan menjadi suatu kebiasaan buruk.

“Kalau bisa diolah, bisa dipergunakan menjadi barang berguna. Selanjutnya kami akan membuka, meneruskan Bank Sampah, akan ada relasi antara Dinas Lingkungan Hidup dan PT. Timah Unmet. Jadi antara PT Timah, masyarakat, Pemerintah Daerah menjadi satu relasi yang baik tetap menjaga lingkungan ,” jelas dia.

Di lain pihak, Kabid Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Bangka Barat, Sumijo mengapresiasi kegiatan Pemuda Hijau yang didukung PT Timah ini. Ia berharap aksi seperti ini dapat terus berlanjut.

“Kami dari dinas lingkungan hidup memberikan apresiasi kepada Pemuda Hijau yang telah menginisiasi untuk pemilihan sampah melalui pelajar. Dengan bantuan seperti ini akan memudahkan kami, karena tidak memilah antara organik dan nonorganik. Harapannya mudah-mudahan bisa berlanjut. Untuk ke depannya kita bisa bekerja sama dengan PT. Timah dan Pemuda Hijau,” kata Sumijo. (*ibb/rls )

loading...

Check Also

Polisi Amankan Tiga Pengedar Sabu di Lubukbesar, Satu Diantaranya Mahasiswa

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR – Anggota Satres Narkoba Polres Bangka Tengah berhasil mengamankan tiga pengedar narkoba dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *